Home > Bisnis Online > Bisnis VSI Ustad Yusuf Mansyur Melanggar Fatwa MUI?

Bisnis VSI Ustad Yusuf Mansyur Melanggar Fatwa MUI?

Saya baru saja bangun tidur, kemudian iseng-iseng cek facebook dari android saya, dan ternyata ada salah seorang teman saya yang update status tentang Bisnis VSI nya ustad yusuf mansyur, dia bilang sih pak ustad yang satu ini telah melanggar fatwa MUI sambil ngasih sebuah link rekomendasi untuk saya baca, dan itu ternyata merujuk ke salah satu sebuah forum di indonesia ini, saya coba sertakan link nya yah, kalian bisa cek informasi mengenai Bisnis VSI ini yang katanya melanggar fatwa MUI di sini kalau malas untuk ke sana nanti saya sertakan juga deh quote beberapa isinya yang dibilang melanggar itu,

Seperti postingan saya sebelumnya mengenai Bisnis VSI bahwa bisnis ini menurut saya merupakan sebuah bisnis investasi itu dari kacamata saya, karena saya memang memandangnya dari sebuah segi bisnis, saya katakan sih ini biasa saja sama seperti website-website investasi online yang lainnya, bahkan seinget saya dulu juga pernah ada bisnis yang saya katakan mirip dengan Bisnis VSI ini kalau tidak salah namanya Duta Business School atau disingkat DBS, makanya saya memaparkannya dari segi security risk misalkan umur web, legalitas hukum, dan yang lainnya untuk menghindari dari scam atau penipuan online yang belakangan marak terjadi.

Tapi ternyata jika dilihat dari sudut pandang salah satu agama, ternyata Bisnis VSI ini sudah melanggar beberapa point dari fatwa MUI, saya coba sertakan point dari fatwa tersebut dan point-point mana saja yang sudah di langgar oleh uustad Yusuf Mansur dari Bisnis VSI nya

Perikut kutipan dari forum tersebut

Dalam fatwa yang ditandatangani oleh Ketua DSN MUI DR.KH. Sahal Mahfudz dan Sekretaris KH. Drs. Ichwan Sam pada tanggal 25 Juli 2009, dijelaskan ada 12 persyaratan bagi MLM terkategori sesuai syariah, yaitu :

1. Ada obyek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa;

2. Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram;

3. Transaksi dalam perdagangan tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba’, dharar, dzulm, maksiat;

4. Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan(excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas;

5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota, besaran maupun bentuknya harus berdasarkan prestasi kerja yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan produk, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS;

6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota harus jelas jumlahnya, saat transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan perusahaan;

7. Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa;

8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra’.

9. Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya;

10. Sistem perekrutan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan sebagainya;

11. Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan wajib membina dan mengawasi anggota yang direkrutnya;

12.Tidak melakukan kegiatan money game.
money game menurut fatwa DSN MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 adalah kegiatan penghimpunan dana masyarakat atau penggandaan uang dengan praktik memberikan komisi dan bonus dari hasil perekrutan/pendaftaran mitra usaha yang baru/bergabung kemudian, dan bukan dari hasil penjualan produk, atau dari hasil penjualan produk namun produk yang dijual tersebut hanya kamuflase atau tidak mempunyai mutu/kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

dan adapun beberapa point yang dilanggar adalah

melanggar fatwa no. 4 :
Dengan membayarkan Rp. 275.000 anda mendapatkan barang yang tidak sepadan, anda hanya mendapat software dan habbatussaudah 2 botol.
harga pulsa di VSI pada downline terbawah juga lebih mahal 300 rupiah, sehingga akan merugikan downline ditingkat bawah karena akan memperoleh untung lebih sedikit, atau dia harus menjual pulsa lebih mahal yang akhirnya merugikan konsumen.

melanggar fatwa no.5 :
Seorang upline jika tidak menjual pulsa pun akan tetap memperoleh komisi dari penjualan pulsa dari downline dibawahnya , sampai dengan 9 tingkat downline dibawahnya . Sehingga pendapatan utama upline bisa jadi hasil cucuran keringat downline-downline dibawahnya

melanggar fatwa no. 12 :
VSI menjanjikan komisi dari hasil perekrutan anggota baru, dimana jika downline kita bertambah maka kita akan mendapatkan komisi. Praktek tersebut adalah money game disamarkan seolah-olah member bergabung dengan cara membeli produk yang harganyajauh diatas pasaran

nah, dari sekian banyak point yang coba dishare tersebut, silahkan teman-teman pelajari dan diskusikan sendiri, mana point yang memang benar menurut teman-teman melanggar, dan mana yang tidak, sifat saya hanya memberikan informasi saja, keputusan tetap ada di teman-teman sendiri, jika memang sudah bulat tekadnya untuk mengikuti Bisnis VSI ini, dan mempertimbangkan segala halnya ya silahkan…

Bagi teman-teman sekalian yang mau ikut gabung juga atau sedang mempelajari Bisnis VSI ini mungkin referensi serta artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk teman-teman dalam mengambil keputusan

Semoga bermanfaat dan informatif, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar yah 🙂

Kata Kunci Terkait :

  • fatwa mui tentang paytren
  • vsi yusuf mansur penipuan
  • hukum paytren menurut MUI
  • paytren menurut mui
  • sertifikat halal paytren
  • paytren haram
  • alasan mui halalkan paytren
  • fatwa mui tentang hukum bisnis paitren

About admin

Seorang blogger, masih cukup muda, masih butuh bimbingan, masih butuh arahan, masih butuh masukan, masih butuh kritikan, agar menjadi lebih baik lagi ke depan

Check Also

Indoboclub scam, indoboclub penipu, indoboclub tidak membayar

IndoboClub (IBC) Scam!

Meski terlambat saya memposting artikel ini, tapi tak apalah, karena saya merasa informasi ini cukup …

57 comments

  1. pengen aman d pake buat sendiri aj…. saya juga gabung d paytren, tp bukan buat d bisnisin, hanya untuk d pake sendiri aj… karna saya masih ragu tentang kehalalannya…

  2. Mas pake aplikasinya aja untuk lebih memudahkan transaksi. Tdk usah cari mintra.

  3. Lebih baik tanya ke ustadz fiqih saja. Supaya lebih jelas hukumnya.

  4. Gini setelah saya baca-baca, penulis artikel ini ada benernya, dia mengajak kita untuk kritis, saya juga ikutan paytren paket silver yg harganya 990 rupiah pendaftarannya, saya udah punya beberapa mitra dan saya juga sudah balik modal dan mendapatkan manfaat untuk berbagai transaksi saya…penulisnya mngajak kita kritis dgn pengetahuan yg kita punya, bukan ingin menjatuhkan paytren atau fitnah, kembali lagi ke kita, pemikiran dan keyakinan kita ke paytren gimana, selagi dalam komunitas paytren tidak ada unsur penipuan, maka sah-sah saja, toh juga bermanfaat, itu saja trimakasih, bisnis itu harus cerdas, dan orang yg mempertimbangkan bisnis yg akan di ambil itu benar,..paytren banyak manfaatnya, untuk info dan pendaftaran bisa juga hubungi saya WA 085607777633 atau line: insanikd , bbm bisa request….wassalam, salam sukses semuanya.

  5. Lantas…klaupun bisnis ini dianggap melanggar fatwa MUI,lantas apakah dari MUI sendiri sudah memberi warning,melakukan langkah-langkah kongkrit,Dianggap scam/penipuan,berarti melanggar hukum,tapi mengapa sekarang masih megah kantornya di Bandung sampai sekarang.Hampir 3 tahun VSI/Treni maju pesat,toh smua fine-fine aja.justru aku salut dgn ustad ..Paytren produk indonesia asli & pendirinya.

  6. saya udh gabung paytren,namun saya masih bigung..apakah hrs lanjut/ berhenti menjalankan bisnisnya..krn saya masih ragu ttg halal / haramnya ,.krn saya hanya org awam yg tdk bgitu tau banyak tentang agama..”sangat2 memBingungkan bg saya ..X_X.

  7. alhamdulillah
    akhirnya bisa tahu produk halal
    terima kasih artikelnya

  8. terimakasih untuk infonya

  9. wah emang susah ya mencari bisnis yang halal dan mengkayakan,,hehehe

  10. kalau sekarang bisnis VSI ini masih berjalan gak

  11. ada cara ikutan vsi ini yang lebih gampangnya gak

  12. Ane netral, gan
    Apapun bisnis nya tetap promosi memegang peranan penting untuk perkembangan bisnis tersebut.

    Sebar Iklan Ke Ribuan Website

  13. anti ustadz sekuler

    parah ustadz aja pada bikin MLM, capek capek lo yang pada ikut mlm semua orang goblok

  14. Cara Alami Mengobati Penyakit Malaria

    bisnis MLM itu memang menjanjikan kok

  15. halal gak halal hanya allah swt yang tau

  16. Jadi bingung dengan bisnis ini ada yang bilang haram dan ada yang bilang halal

  17. kalo melanggar MUI berarti hram dong…

  18. pengobatan alami fistula ani

    pandangan orang itu beda beda gan,, namun selagi itu baik untuk kita gan orang lain,, lanjutkan saja…

  19. Terkadang kalo Seorang Ustadz kalo memulai bisnis kalo bener2 ngerti Undang-Undang Bisnis di Indonesia bisa jelek namanya. Jadi harus bener2 tau betul seluk beluk dan peraturan bisnis di Indonesia. Tau sendiri kan warga Indonesia Kritis Kritis

  20. saya makh masih bingung dengan bisnis ini, apakah melanggar mui atau enggaknya

  21. Sya baru gabung di BISNISVSIUSTADZ YUSUF MANSUR gimana ya

  22. Bisnis VSI ini dilakukan UYM setelah pertimbangan yang sangat lama, 4 tahun beliau menunda melakukan bisnis ini,
    MUI pusat tidak pernah mengeluarkan fatwa haram untuk MLM, tapi MUI memberikan Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS/MLM Syariah)
    Saat semua orang berkoar2 bisnis beliau HARAM, UYM tidak perlu repot untuk meladeni mereka semua, beliau lebih memilih mendaftarkan VSI ke MUI, untuk mendapat sertifikasi HALAL
    karena YANG BERHAK MENAFSIRKAN KEPUTUSAN MUI TTG PEDOMAN PLBS ADALAH MUI SENDIRI, jangan merubah satu katapun dalam putusan pedoman MUI, dan jangan pula melakukan penafsiran BILA BUKAN AHLINYA, karena ditakutkan akan timbul FITNAH PADA AKHIRNYA.

  23. tidak akan terjadi keseimbangan kaki seperti yang dipersyaratkan VSI dlm marketing plan nya, krn itu akan banyak member yg tdk meraih bonus, sehingga bonus yg tak teraih itu menjadi milik perusahaan, dan member hanya akan gigit jari kecuali cuma dapat bonus kecil-kecilan

  24. untuk sesuatu yang baru kita perlu memperlajari lebih mendalam, terlebih untuk bisnis MLM, bank atau koperasi yang beriklan memberikan bunga lebih tinggi aja sudah banyak kasus yang merugikan nasabahnya….

  25. coba kita pelajari lebih obyektiv…
    sy kira tidak ada pelanggaran seperti yg dituduhkan diatas..

    -VSI joint 275rb mendapatkan: 1.teknologi keagenan, 2.habspro, 3.Free Kuliah online di http://www.whbs.or.id (hrsnya bayar 1jt), 4.free biaya bulanan di http://www.santritahfidz.com, 5.Kartu ATM VSI-BRI Syariah, 6.Lisensi hak usaha/lisensi franchise. Jadi 275rb dptnya lebih dr 1jt

    -Utk mendapatkan royalti transaksi, sang upline wajib melakukan transaksi min 1x dlm sebulan. Jika tidak melakukan transaksi maka tidak berhak mendapatkan royalti. Royalti dibatasi 10 Generasi, sehingga semua member memiliki potensi yang sama dan TIDAK akan terjadi sistem PIRAMID.

    -Harga pulsa dan listrik dr atas smpai bawah semua sama bro… gak ada yg lebih mahal.. 🙂

    -Fee refferal adalah didapat dr keuntungan penjualan paket produk dan teknologi keagenan. Jadi ada kegiatan transaksi jual beli yang sah. bukan dr iming2 sistem rekruting atau money game.

    -Bnyak org bergabung di VSI krn ingin manfaatnya (kemudahan pembayaran dan cashback transaksi pribadi).. Jadi menjalankan bisnisnya atau tidak, tidak ada yg rugi krn yg dibeli adalah manfaatnya,, bukan sistem.

    mudah2an bs dipahami dan ada gambaran..
    be smart…..be positif
    Pelajari antara OPINI dan FAKTA…baru menyimpulkan.. 😉

    • Mantap pak erick, haha
      Kelihatan bangt yang posting belum tau VSI, cuma denger dari orang. Tapi laganya udah kaya pengamat ekonomi kawakan, haha
      makan baso aja belum pernah udah berani bilang baso itu gak enak. . haha

      Tiap ada yang baca postingan ini terus mereka langsung percaya, berarti sadar gak sadar dia lagi ngumpulin dosa dengan menebar FITNAH. Atagfirullah. . . TOBAT

      • Maaf gan, di sini ane hanya sekedar share, bukan menuduh, dan maksud ane adalah baik untuk menjadi pertimbangan teman-teman yang mau gabung, karena bisnis seperti ini sudah ada dulu juga, namanya DBS, ane memandangnya hanya dari segi bisnis ini biasa saja, kan ane juga ngasih link sumber yang ane dapat, dari forum, ini bukan opini ane, informasi itu ane jadikan sebuah masukan buat ane sendiri, bukan bermaksud menebar fitnah, bagi yang mau gabung ya silahkan, yang ga mau juga silahkan, masing-masing lah…

        • Setuja dengan bang Eric
          hanya 275.000 dibanding dengan franchise KFC, Dobby, Tela2, Loundry, LPK, Agen trevel dan lain2, bisa sampe puluhan juta bahkan ratusan

          • Komunitasnya sekarang katanya udah 400 ribu an… 275 ribu kali 400 ribu? berapa tuh? elu dapet berape?

          • Saya ga ikutan gan, kalau sistemnya masih pake konsep MLM yang di modifikasi komunitas itu akan terus bertambah gan, sebenarnya seinget saya bisnis model beginian dulu juga ada namanya DBS Duta Bisnis School kalo ga salah, tapi ga tau sekarang kabarnya gimana bisnis itu

        • BISNIS VSI ( PAYTREN ) ITU 100% HALAL … INSYA ALLAH …

      • biasa bro manusia abal belum tau vsi asal ceplos aj tu perlu di laporin tu orang pencemaran nm baik ne

    • Setau saya di vsi juga berlaku bonus pasangan. Jadi meski tdk menjual produk kalo jaringannya berpasang2an bonus akan mengalir. Tidur aja dapat uang. Canggih kan….. Nah gmn nih?

      • biasa aja gan, mirip2 lah sama model investasi online yang menggunakan system matrix berlevel, tapi untuk dapat itu semua tetep aja butuh promosi, dan di situ tantangannya, namanya bisnis online ya begitu, 24 jam non stop, jadi bukan hal aneh lagi kalo tidur aja bisa dapet duit, tapi yang dapet duit itu ya yang aktif promosi nya kalo yang ga aktif ya ga dapet duit

        • Ini lah susahx org indonesia terlalu pintar tp bodoh,, taux cm komentar kalau km tau yg benar coba km buat sendiri sistemx gmn,, mending tutup aja itu mulut gunakan sj untk gosok gigi

        • di VSI sponsor tidak selalu sama dengan upline. bonus pasangan buat sponsor, bukan upline. kalo gak rekrut ya ga dapet duit. sudah ngerti mas?

        • bro ini bukan bisnis investasi klo lo ga beli produknya atau jual produknya ente ga dapet apa2 perhatikan dulu baru posting, klo mo kritik di postingan jangan buka posting baru

    • Kawan semua, saya lg cari uang tambahan niih. pas saya ketemu website paytren. saya memang tertarik. tp ada yg blg hrs keluarkan uang 990rb utk dpt bergabung mnjd mitra pebisnis biar usaha ny berkembang gituh.
      tp saya penasaran, soalny saya udh 3x kena tipu bisnis internet. nah 990rb itu kan uang yg ga sedikit. buat anak kuliahan kaya saya dpt uang segitu susah menurut saya yg gamau nyusahin ortu. nah pas saya nemuin artikel ini. saya jd butuh byk pertimbangan.
      Sooooo.. kawan semua ada yg bisa bantu saya?
      mecahin masalah saya?
      saya ingin cari uang tambhan tp dgn cara halal yg ga ribet. kalo ada yg udh gabung di paytren. blh kasih saya masukan atau peenjelasan yg lebih rinci ttg paytren.

      terimakasih maaf ganggu semua nya yaaaa 🙂

      • Dear mbak asri gita, boleh tau address dari web paytren yang mbak asri maksud? mungkin bisa di post di sini biar bisa dibahas seperti apa web paytren tersebut, apakah masuk kategori MLM, HYIP, Piramid, Matrix berlevel atau yang lainnya?

      • Pay tren itu dikaji sama MUI. kALO haram. MUI langsung menindak tanpa surat peringatan, jadi simple kan kalo mikir Paytren itu bermaslah apa tidak. buktinya paytren sekarang membuming, membantu masyarakat miskin, membantu ekonomi orang indonesia. jadi ngga alasan buat ngga ikut. saya jujur belum gabung sama pay tren. tapi pasti saya gabungdalamwaktu dekat ini…. karena alangkah bodohnya disaat tau bisnis halal yang dahsyat ini kita ngga ikutan.

    • Bagaimana dengan passive income? Apa itu diperbolehkan? Mendapat rupiah dari hasil jual produk downline kita? Ato cashback dari transaksi yg dilakukan downline kita? Apa itu boleh?sedangkan kita ngga boleh ambil bagian dari yg bukan usaha kita. Awalnya saya tertarik tapi karna perihal passive income saya jadi ragu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *