Definisi sumber daya manusia adalah individu atau kelompok yang mereka itu bekerja di sebuah perusahaan guna untuk mencapai tujuan pegawai atau karyawan.

Definisi Human Resource Management atau di sebut juga HRM adalah sebuah kegiatan atau aktifitas pengelolaan sumber daya manusia itu sendiri menghasilkan aturan guna untuk mencapai tujuan organisasi. Apakah ilmu HRM atau Human Resource Management ) penting? Dan ilmu Human Resource Management itu sangat penting karena adanya HRM ( Human Resource Management ) kemauan sosialisasi kita akan sangat terbantu. Kita harus tau manusia ngga bisa hidup sendiri dan kita pasti membutuhkan orang lain untuk bisa istilahnya survive dalam kehidupan. kenapa ilmu tentang HRM ( Human Resource Management ) itu penting, mungkin kalian juga punya untuk mengembangkan sebuah bisnis mencoba mempelajari sedikit demi sedikit pasti bisa akan membantu untuk menjalankan bisnis perusahaan Kantor Kita.

Pentingnya HRM (Human Resource Management ) untuk didivisi perusahaan apa sih? Kita tau bahwa perusahaan itu besar ntah itu sifatnya  punya banyak SDM, contoh misalnya  perusahaan yang baru merintis pasti membutuhkan SDM ( sumber daya Manusia ) dan bagaimana cara kita mengrecruitment SDM, bagaimana cara menentukan kebutuhan untuk perusahaan kita, trus bagaimana cara kita untuk menggaji orang dan sebagainya dan itu semuanya ada semua di ilmu  HRM ( Human Resource Management ).

Ada 4 hal skill yang harus menguasai untuk menjadi HRM  (Human Resource Management )

  1. Perencanaan SDM
  2. Pengadaan SDM
  3. Pengelolaan
  4. Pengembangan

Dan kami akan menjelaskan juga penjelasan skill HRM ( Human Resource Management ) sebagai berikut :

1.Perencanaan SDM

Kenapa skill ini sangat penting karena kita tau setiap perusahaan pegawai atau karyawan  pasti mempunyai rananya visi dan misi. Visi misinya itu adalah sebuah angan-angan dalam sebuah struktur divisi yang ada di perusahaan yang kelak itu mau jadi apa buat kedepan kemudian dari visi misi tersebut di turunkanlah menjadi namanya yaitu tujuan. tujuan ini kemudian akan menjadi acuan untuk namanya yaitu target jangka sasaran. Untuk mengimplementasikan tujuan sasaran ini tentu saja membutuhkan strategi dan untuk didalam pengimplementasian tersebut pasti kita membutuhkan yang namanya SDM ( Sumber daya manusia ).

Point-point penting dalam perencanaan SDM ( Sumber Daya Manusia )

  • Analisis Pekerjaan adalah suatu kegiatan dalam sesuatu HRM (Human Resource Management ) untuk menentukan tugas, jabatan, dan pekerjaan. Apa saja sih perbedaaan antara tugas, jabatan dan pekerjaan ? Tugas itu adalah sesuatu hal yang harus di kerjakan, jabatan istilahnya penamaan seseorang yang melaksanakan dalam mengerjakan tugas tersebut lalu pekerjaan itu luas yang melingkupi antara tugas dan jabatan, Itulah hal yang dilakukan dalam analisis pekerjaan.
  • Analisis SDM berguna supaya kita mengetahui spesifikasi dan juga kualifikasi apa saja yang harus ada supaya pekerjaan kita berikan itu supaya terselesaikan.
  • Sasaran ini sangat penting karena sasaran ini terkait dalam 2 hal : yang pertama kita membutuhkan SDM tujuan nya untuk penambahan kualitas atau penambahan secara kuantitas, kalau untuk penambahan kualitas kita tidak perlu untuk mngadakan recruitment tinggal mengadakan pelatihan, sedangkan kuantitas yaitu misalnya kita benar-benar kekurangan SDM maka kita mengadakan recruitment.

2. Pengadaan SDM

Ada 3 kegiatan pengadaan SDM ( Sumber Daya Manusia ) yaitu :

  1. Recruitment adalah sebuah proses dimana kita sebagai pemilik perusahaan itu memberikan sebuah penawaran kepada calon-calon sumber daya manusia. Dan biasanya temen-temen SDM yang tertarik dengan perusahaan lowongan yang kita tawarkan biasanya mereka akan memberikan feedback dengan cara memberikan surat lamaran pekerjaan kepada perusahaan kita. Lantas recruitment ini ada 2 jenis yaitu recruitment internal dan recruitment exsternal. Untuk recruitment internal adalah adalah khusus buat anggota keluarga sendiri, seperti saudara, karyawan, keluarga karyawan dll.
  2. Proses seleksi simplenya adalah proses uji atau tes. Untuk calon SDM ( Sumber Daya Manusia ) ini akan diadakan dengan berbagai tes supaya mereka bisa diterima di perusahaan kita baik tes administrative, tes wawancara, maupun tes sikologis dan sebagainya tergantung dari kebutuhan perusahaan nya.
  3. Penempatan adalah dimana proses  kita istilahnya menempatkan SDM itu dengan posisi di terima atau tidak itu adalah prinsip dari penempatan ini.

3. Pengelolaan dan Pengembangan SDM ( Sumber Daya Manusia )

Pengelolaan SDM ini ada kegiatan yang memberikan kompensasi, pelatihan, dan kinerja dari sumber daya manusia yang kita miliki.

Kita disini akan membahas tentang kompensasi, kompensasi itu emang pada dasarnya banyak paradigma seperti, upah, gaji, dll kompensasi bukan tentang gaji dan upah saja tetapi kompensasi juga ada yang berupa reewerd penghargaan berupa sertifikat, prestasi yang terbaik itu adalah merupakan kompensasi yang bisa diberikan oleh kita selaku pemilik perusahaan atau bisnis kepada temen-temen SDM ( Sumber Daya Manusia ).

Pelatihan Berfungsi untuk meningkatkan kualitas dari SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang kita miliki biasanya ini di tentukan berdasarkan penilaian kinerja, ketika kita menilai kinerja mereka SDM kita ini bagus otomatis kita akan memberikan fasilitas terbaik untuk mereka.

Pelatihan merupakan kemampuan sebuah kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja itu bisa dikatakan sebagai sebuah kegiatan penilaian sumber daya manusia memiliki budaya yang baik atau tidak, disiplin nya bagus atau tidak, gimana cara memanajemen konflik dan sebagainya. Dan ini adalah penjelasan singkat tentang ilmu HRM ( Human Resource Management ).