Aturan Standar Ketenagakerjaan PHK KaryawanPengusaha yang ingin mempertahankan hubungan kerja dapat memberhentikan sementara seorang karyawan. Aturan dasar atasan harus memberikan pemberitahuan PHK sementara kepada karyawan. Pemberitahuan PHK sementara harus diberikan kepada karyawan sebelum PHK karyawan dimulai. Agar sesuai dengan ketentuan PHK, pemberitahuan harus secara tertulis, nyatakan bahwa ini adalah pemberitahuan pemberhentian sementara dan tanggal efektifnya termasuk bagian 62-64 dari Kode.

Kurangnya pemberitahuan yang tepat

Jika pemberitahuan pemecatan sementara yang tepat tidak diberikan, karyawan tersebut mungkin telah diberhentikan secara tidak adil atau konstruktif. Beberapa pengadilan juga telah menetapkan bahwa meskipun Kode Etik mengizinkan pemberi kerja untuk memberhentikan sementara seorang karyawan jika tidak ada kesepakatan bersama atau kontrak yang mengizinkan pemutusan hubungan kerja, karyawan tetap berhak untuk menuntut pemecatan yang konstruktif atau salah jika diberhentikan dalam keadaan tersebut.

Baca juga : Usia Pensiun Karyawan Swasta dan Dasar yang Mengaturnya

Lama pemberhentian sementara

Di Alberta, durasi maksimum PHK sementara adalah 90 hari dalam jangka waktu 120 hari. Karyawan diberhentikan pada hari ke-91 jika mereka belum kembali bekerja. Pembayaran pemutusan hubungan kerja harus dibayarkan jika karyawan tersebut berhak. Jangka waktu pemutusan hubungan kerja sementara dapat diperpanjang apabila pemberi kerja melakukan pembayaran tetap kepada atau atas nama pekerja, seperti tetap membayar upah, pensiun atau tunjangan pekerja. Karyawan harus setuju untuk menerima pembayaran-pembayaran ini sebagai pengganti batas yang tegas dari lamanya pemutusan hubungan kerja. Pembayaran pemutusan hubungan kerja dibayarkan ketika pembayaran sebagai pengganti dihentikan.

Artikel terkait : Jenis-Jenis Tunjangan Karyawan

Recall karyawan selama PHK sementara

Untuk meminta agar seorang karyawan kembali bekerja setelah PHK, pemberi kerja harus mengirimkan pemberitahuan penarikan kembali kepada karyawan tersebut. Agar valid, pemberitahuan harus:

  • secara tertulis
  • mengatakan bahwa karyawan tersebut harus kembali bekerja dalam waktu 7 hari sejak tanggal pemberitahuan disampaikan kepada karyawan tersebut

a. Melayani pemberitahuan penarikan

Ada beberapa cara untuk menyampaikan pemberitahuan penarikan kepada karyawan. Seorang majikan dapat:

  • memberikan pemberitahuan kepada karyawan secara langsung, baik di tempat kerja maupun di alamat karyawan
  • tinggalkan pemberitahuan di alamat karyawan dengan orang yang tampaknya berusia 18 tahun ke atas
  • mengirimkan pemberitahuan melalui surat atau surat tercatat
  • mengirimkan pemberitahuan melalui faks atau email

b. Pemutusan hubungan kerja

Jika karyawan tidak kembali bekerja dalam waktu 7 hari setelah dilayani, pemberitahuan penarikan:

  • pemberi kerja dapat memutuskan hubungan kerja
  • karyawan tidak berhak atas pemberitahuan pemutusan hubungan kerja atau pembayaran pemutusan hubungan kerja

c. Kesepakatan bersama

Jika ada kesepakatan bersama, dan itu berisi hak penarikan kembali setelah pemutusan hubungan kerja, hubungan kerja berakhir dan pembayaran pemutusan hubungan kerja terutang saat hak penarikan berakhir.

Karyawan sekolah dan supir bus sekolah

Aturan hari maksimum tidak berlaku bagi karyawan sekolah dan supir bus sekolah jika mereka bekerja sampai akhir satu tahun ajaran dan terus bekerja, atau memiliki kesempatan untuk bekerja pada pemberi kerja yang sama pada awal tahun ajaran berikutnya.

Rekomendasi software : Software Absensi Kantor Kita

Bagaimana hukum berlaku

Bagian 2, Divisi 8 dari Kode Standar Ketenagakerjaan menyediakan proses yang diperlukan untuk mengakhiri hubungan kerja, hak atas pemberitahuan dan pembayaran pemutusan hubungan kerja, pemberhentian sementara dan hak penarikan kembali. Divisi 8 juga menguraikan keadaan di mana pemberi kerja atau karyawan mungkin tidak diharuskan untuk memberikan pemberitahuan pemutusan hubungan kerja berdasarkan Kode Etik ini.