Apa yang diperlukan untuk melakukan SEO on-page yang sukses?

1.1. Riset Kata Kunci SEO

Setelah membuat situs web yang ramah pengguna, hal terpenting berikutnya yang perlu dipertimbangkan untuk bisnis dan situs web Anda adalah penelitian intensif untuk frase dan kata kunci. Riset kata kunci untuk situs web adalah riset pasar untuk pemasaran.

Meneliti kata kunci yang tepat membantu Anda mengetahui dengan tepat apa yang dicari pelanggan dan calon pelanggan Anda di Google. Anda dapat mengoptimalkan frase kata kunci menggunakan asisten suara. Proses ini disebut VOICE SEARCH SEO. Penelusuran suara menggunakan bahasa alami pengguna dan memberikan respons yang cepat dan sesuai.

Membuat Konten tanpa meneliti kata kunci yang relevan hanya akan membantu Anda membuat strategi coba-coba yang berdampak negatif pada situs web dan bisnis Anda. Ini karena Anda akan membuat Konten yang mungkin tidak dibutuhkan pengguna.

Jadi, bagaimana Anda melakukan penelitian yang relevan tentang kata kunci? Ini tidak terlalu sederhana. Namun, strategi dasarnya adalah mencari kata atau frasa sederhana yang relevan dengan industri Anda dan melihat apa yang dihasilkan Google.

Strategi yang lebih maju akan membuat Anda menggunakan alat yang memberi tahu Anda secara spesifik kata kunci mana yang akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, kata kunci mana yang sangat sering dicari, dan kata kunci mana yang berpotensi untuk Anda peringkatkan.

baca juga : Inilah 4 Rahasia Teknik SEO Website yang Harus Anda Pahami

1.2. Konten SEO Berkualitas

Jika Anda telah menghasilkan konten secara acak, berharap beberapa di antaranya dapat diberi peringkat, saatnya untuk beralih ke praktik SEO konten yang lebih sistematis. Kebutuhan untuk membuat Konten yang hebat tidak bisa terlalu ditekankan.

Konten yang relevan akan membantu Anda muncul di peringkat. Tetapi Anda juga harus belajar untuk mempertimbangkan pengguna informasi yang Anda bagikan. Apakah mereka benar-benar puas dengan jawaban Anda atas pertanyaan mereka?

Setelah meneliti kata kunci, Anda sekarang tahu apa yang ingin dipelajari oleh pembaca potensial Anda di situs web Anda. Sekarang, bagaimana Anda mengajarkan hal itu kepada mereka dengan cara yang mereka nikmati dan mudah-mudahan ingin terus membaca lebih banyak hal di situs Anda?

Satu hal yang gagal dipahami oleh sebagian besar pemilik situs web dan bisnis adalah semakin banyak pengguna yang ingin tetap berada di situs Anda, semakin tinggi peluang peringkat Anda. Ini karena Google secara otomatis menganggap situs Anda sebagai situs yang memenuhi harapan pengguna. 

artikel terkait : Tools Pendukung SEO Website

1.3. Tautan Internal Untuk SEO 

Tautan internal memiliki peran untuk dimainkan dan manfaat untuk ditawarkan ke situs Anda. Mereka memiliki kekuatan untuk membuat pengguna terpaku pada situs web Anda selama berjam-jam, membaca beberapa artikel di beberapa halaman dan memberi Google kesan bahwa Anda memberikan hasil berkualitas pada permintaan pencarian Google.

Tapi pertama-tama,  apa itu tautan internal ?

Tautan internal adalah URL yang mengarah ke halaman lain atau beberapa halaman lain di situs web Anda. Apa yang dilakukan URL adalah menyarankan kepada pengunjung dan bot mesin pencari bahwa halaman lain di situs web yang sama ini menawarkan detail yang lebih mendasar tentang topik ini.

Pengunjung dapat memutuskan untuk mengikuti tautan dan kembali ke halaman asli atau melanjutkan membaca konten di halaman pertama. Tautan internal juga melibatkan pengiriman tautan ke halaman uang di situs web Anda. 

rekomendasi produk : jasa website murah

1.4. Optimasi SEO Metadata

Metadata adalah apa yang memberi tahu Google tentang isi situs web atau halaman Anda. Agar lebih jelas, metadata Anda adalah penentu besar dari kata kunci apa yang Anda peringkatkan.

Jika Anda menerbitkan artikel tentang “Lemari grosir terbaik untuk dapur kecil”, metadata Anda akan berisi frasa kunci “Lemari grosir”. Saat pencarian Google dilakukan dengan istilah-istilah ini, situs web Anda akan muncul di halaman hasil pencarian Google.

Metadata Anda dapat dibagi menjadi dua, yaitu deskripsi meta dan judul meta atau judul halaman. Judul meta adalah teks yang dapat diklik yang muncul dengan warna biru, berfungsi sebagai tajuk atau judul artikel yang akan Anda baca. Deskripsi meta adalah kalimat pendek yang akan Anda lihat tepat di bawah judul meta di halaman hasil pencarian.

Untuk meningkatkan peringkat halaman Anda, tambahkan kata kunci dalam metadata untuk membantu Google mengindeks halaman Anda dengan benar dan memahami dengan tepat apa yang ingin Anda peringkatkan.

jasa website : jasa website jogja

1.5. Optimasi SEO Gambar

Apa pun jenis SEO yang ingin Anda lakukan, Anda harus menambahkan beberapa file media ke Konten Anda untuk meningkatkan peluang peringkat Anda.

Gambar membantu Konten Anda tampil lebih menarik bagi pembaca dan membantu mereka memahami sikap Anda tanpa menggunakan terlalu banyak kata. Deskripsi dibuat lebih mudah dengan gambar.

Ketika pencarian dilakukan pada gambar Google, gambar Anda yang dioptimalkan akan muncul di daftar, dan pencari dapat mengkliknya untuk mengarahkannya ke situs web Anda.

Mengoptimalkan gambar Anda berarti menambahkan frasa atau kata kunci yang diperlukan ke dalamnya. Gambar juga mempermudah penyandang disabilitas penglihatan untuk memahami isi halaman tersebut.

baca juga : Tambah Kecepatan Website dengan Optimasi Gambar