3 Hal Penting Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Membuka Bisnis Coffee Shop – Tahukah anda? Industri kopi semakin berkembang pesat saja seiring dengan semakin banyaknya generasi kopi yang menjadikan kegiatan minum kopi sebagai gaya hidup sehari-hari. Hal inilah yang menjadikan momen yang tepat untuk anda memulai bisnis Coffee Shop. Namun, apabila anda berminat untuk memulai bisnis Coffee Shop, anda perlu mengetahui hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum membuka bisnis Coffee Shop.

Berikut 3 hal penting yang perlu anda lakukan sebelum membuka Coffee Shop :

  • Lakukan Penelitian

Yang pertama, tentu saja anda perlu melakukan penelitian terlebih dahulu. Anda bisa menelitinya dari sekitar lokasi yang Anda targetkan. Apakah ada Coffee Shop lain? Bagaimana persaingannya? Apakah anda mampu untuk bersaing dengan Coffee Shop tersebut? Anda perlu meneliti segala sesuatu yang berkaitan dengan pesaing anda dengan detail. Anda juga perlu meneliti Coffee Shop pesaing anda merupakan coffee shop franchise atau independent. Sebab apabila anda akan membuka Coffee Shop Independent, anda akan lebih mampu bersaing dengan Coffee Shop Franchise.

Baca : KETAHUI DUA SISI BERBISNIS KULINER!

Namun apabila anda belum mempunyai pengalaman dalam dunia kuliner atau belum pernah memulai bisnis apapun sebelumnya, alangkah baiknya anda berbagi cerita dengan beberapa pemilik bisnis yang anda kenal. Anda akan belajar hal yang banyak sekali sebelum anda membuat business plan dan membuka bisnis coffee shop. Selain itu, anda juga akan mendapatkan saran-saran yang sangat berguna untuk kemajuan bisnis Coffee Shop yang akan anda bangun.

  • Pilih Konsep Bisnis Coffee Shop

Selanjutnya anda harus mulai memikirkan konsep coffee shop yang anda inginkan. Konsep ini perlu direncanakan dengan matang dan baik. Sebab hal ini akan membuat anda semakin mampu untuk membangun Coffee Shop yang terdepan dibandingkan dengan pesaing Anda. Anda bisa mulai dari mencari nama coffee shop anda, memikirkan menu makanan apa saja yang disajikan dan dekorasi restoran yang bagaimana yang anda inginkan.

  • Buat Business Plan

Business plan merupakan hal yang sangat penting dan krusial untuk para pemilik bisnis Coffee Shop. Anda perlu membuat business plan dengan penjelasan yang rinci, seperti konsep Coffee Shop, struktur kepemilikan coffee shop, menu yang akan disajikan, rencana keuangan, dan juga riset mengenai pesaing anda. Business plan ini tidak hanya akan membantu anda dalam memulai menjalankan Coffee Shop, namun juga dibutuhkan ketika anda butuh funding atau investor untuk bisnis Coffee Shop anda.

Di dalam business plan, anda perlu mencantumkan tujuh bagian ini yaitu:

  • Executive Summary
  • Company Overview and Description
  • Market Analysis
  • Business Offerings
  • Management Plan and Ownership Structure
  • Marketing and Advertising Strategy
  • Financial Projections