Branding Perusahaan – Saat pencari kerja memulai pencarian mereka, kueri mereka mungkin terlihat seperti ini: “Perusahaan teratas untuk bekerja pada tahun 2019” atau, sebagai alternatif, “Perusahaan teratas di industri X.”

karyawan menikmati pizza di perusahaan dengan branding perusahaan yang baik

Masuk akal — saat ini, reputasi perusahaan lebih penting dari sebelumnya. Faktanya, 86% pekerja tidak akan melamar, atau terus bekerja untuk, perusahaan yang memiliki reputasi buruk dengan mantan karyawan atau masyarakat umum.

Pada akhirnya, Anda menghabiskan banyak waktu untuk menciptakan kisah merek yang menarik dan memberi insentif seputar produk atau layanan Anda. Namun, berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk mengembangkan merek perusahaan yang kuat untuk memastikan Anda menarik dan mempertahankan talenta terbaik?

Di sini, kita akan mengeksplorasi apa yang dimaksud dengan branding perusahaan, contoh branding perusahaan yang baik, dan bagaimana Anda dapat menerapkan strategi branding perusahaan Anda sendiri, hari ini.

Baca juga : Alasan HRD Melakukan Pengecekan Sosial Media Kandidat 

Apa itu Branding Perusahaan?

Pada dasarnya, merek pemberi kerja adalah reputasi Anda di antara tenaga kerja serta persepsi karyawan Anda tentang Anda sebagai pemberi kerja.

Dengan kata lain, employer branding adalah bagaimana Anda memasarkan perusahaan Anda kepada pencari kerja dan karyawan internal. Semakin baik Anda dalam branding perusahaan, semakin besar kemungkinan Anda untuk menarik talenta terbaik. Selain itu, merek perusahaan yang positif juga dapat membantu Anda mempertahankan talenta terbaik. 

Katakanlah Anda telah melakukan pekerjaan yang fenomenal dalam membangun merek yang kuat dalam kaitannya dengan produk atau layanan Anda. Sayangnya, itu saja tidak akan meyakinkan seseorang untuk bekerja di, atau tinggal di, perusahaan Anda. Anda perlu menerapkan strategi branding yang sama dalam hal mengomunikasikan kepemimpinan, nilai, dan lingkungan perusahaan yang menyenangkan untuk karyawan  Anda.

Jika seorang pencari kerja bertanya kepada karyawan di perusahaan Anda, “Bagaimana rasanya bekerja di sana?” karyawan tidak akan berkata, “Kami telah membuat beberapa barang dagangan yang luar biasa.” Sebaliknya, dia akan menerapkan manajemen orang sehari-hari, nilai-nilai perusahaan, dan budaya tempat kerja. Untuk memastikan merek perusahaan yang baik, Anda perlu menceritakan kisah yang menarik.

Namun, ini lebih dalam daripada mendongeng — Anda juga perlu berjalan-jalan. Memberitahu karyawan Anda, dan masyarakat umum, bahwa perusahaan Anda adalah tempat yang bagus untuk bekerja karena Anda memiliki meja ping-pong tidak akan berhasil.